Batu Indah Beracun

Hobi mengkoleksi batu seperti yang ramai dilakukan oleh sebagian orang selama ini ternyata berpotensi menyebabkan keracunan bagi siapapun,  jika salah dalam menanganinya  dapat menjadi ancaman serius bagi siapapun yang mengalaminya bahkan dapat mengakibatkan kematian. Oleh karena itu pengetahui jenis-jenis batu yang berbahaya bagi tubuh sangat penting untuk dilakukan, mengingat saat ini penjual batu hias bukan hanya menjual produk jadi berupa batu akik ataupun dalam bentuk lainnya. Saat ini banyak dijual batu dalam bentuk bahan baku yang berupa bongkahan, yang bisa jadi bahan tersebut adalah merupakan batu beracun yang dapat membahayakan tubuh Anda.

Penjual bongkahan bahan pembuat batu hias  merendam batu didalam air, padahal batu-batu tertentu dapat mengkontaminasi air yang dapat menyebabkan air tersebut menjadi air beracun yang sangat berbahaya bagi keselamatan tubuh. Berikut ini jenis-jenis batu yang berbahaya bagi kesehatan tubuh manusia.

1. Hutchinsonite
Batu Hutchinsone ini pertama kali ditemukan oleh John Hutchinson, oleh karena itu batu ini diberi nama dengan namanya, Hutchinsonite. Hutchinson adalah seorang ahli minerologi di Universitas Cambridge. Batu mineral Hutchinsonite ditemukan di daerah pegunungan Eropha, didaerah yang banyak terdapat bijih besi di dalamnya. Batuan ini terbentuk dari thallium, timah dan arsenic, thallium sendiri merupakan mineral yang paling berbahaya dan  dapat meracuni tubuh manusia.

Untuk Para Kolektor Batu Akik, Waspadai 10 Batu Indah Beracun Ini

Unsur thalium dan senyawanya bersifat racun dan penanganannya harus hati-hati. Thalium dapat menyebabkan kanker.  Logam ini sangat beracun dan pernah digunakan sebagai bahan racun tikus dan insektisida. Sejak diketahui adanya kemungkinan bahwa unsur ini dapat menyebabkan kanker (walaupun EPA tidak mengklasifikasikannya sebagai karsinogen), penggunaan unsur ini untuk keperluan tersebut telah dikurangi atau dilarang di banyak negara. Talium juga dipergunakan sebagai detektor inframerah.

Elemen ini dan senyawa-senyawanya sangat beracun dan harus ditangani secara hati-hati. Kontak dengan kulit sangat membahayakan dan ketika mencairkan logam ini, perlu ventilasi udara yang cukup. Eskpos terhadap talium (senyawanya yang terlarut) tidak boleh melebihi 0.1 mg/m3 (berdasarkan 8 jam berat rata-rata, selama 40 jam per minggu.

2. Chalcanthite
Batu ini memiliki warna yang sangat menarik, dan cukup menggoda untuk dijadikan sebagai batu hias seperti akik misalnya, batu ini berbentuk Kristal berwarna biru menyerupai batu Bacan dan tentu “tembus” kalau disenter. kristal ini terdiri dari atas tembaga, belerang, air dan unsur lainnya, meski tembaga tidak berbahaya namun bila mengandung tembaga dalam jumlah yang banyak kristal ini bisa beracun untuk tubuh manusia. Tidak hanya berbahaya bagi manusia, batuan ini juga dapat meracuni binatang maupun tumbuhan

Untuk Para Kolektor Batu Akik, Waspadai 10 Batu Indah Beracun Ini

3. Galena
Batuan Galena terbentuk dari bijih timah yang kemudian membentuk perak dan hampir berkilauan dengan bentuk yang sempurna. Batuan ini kadang juga disebut sebagai galenit, dengan warna mengkilap seperti logam dan berawarna abu-abu kebiruan. Warnanya membuat batuan ini cukup bagus digunakan sebagai batu cincin, meskipun mempunyai potensi membahayakan bagi kesehatan tubuh manusia. Batu Galena terdiri dari unsur Pbs berbentuk kubus Kristal. Batu Galena biasaya ditemukan pada formasi batu gamping, batu pasir, atau batuan sedimen lain.  Galena merupakan bijih timbal terpenting, juga merupakan sumber utama logam perak.

Untuk Para Kolektor Batu Akik, Waspadai 10 Batu Indah Beracun Ini

Batuan  galena kadang didominasi oleh unsur sulfide, oleh karena itu kadang pada  tumpukan batuan Galena terdapat aroma sulfide yang sangat menyengat. Mineral lain yang sering ditemukan di sekitar batu Galena antara lain sphalerit, pirit dan kalkopirit. Mineral galena ini banyak berguna dalam industri pengolahan besi dan baja, terutama bila terdapat unsur tembaga (Cu) di dalamnya. Batuan galena Indonesia saat ini kebanyakan diekspor untuk memenuhi kebutuhan industri di China.

Penambangan batuan ini biasanya dilakukan dengan cara meledakkan area tambang atau membukanya dengan menggunakan alat berat. Batuan Galena terdiri dari mineral yang cukup berbahaya. Kandungan belerang dalam galena membuat mineral ini sangat rapuh dan reaktif untuk pengobatan kimia. Jika seseorang mengalami kontak dengan Galena dapat menghadapi risiko tinggi keracunan dengan mineral dan debu yang mematikan. Jika diekstrak, konten dari mineral ini akan berdampak pada lingkungan dan menimbulkan ancaman kesehatan.

4. Cinnabar
Jenis batuan ini adalah merupakan salah satu batu yang paling beracun di dunia, Batu Cinnabar ini mengandung unsure Merkuri Sulfida dan merupakan mineral tunggal yang sangat berbahaya bagi tubuh manusia karena memiliki bijih utama bernama Merkurius. Dalam dunia “perbatuan” batu ini sering disebut sebagai batu darah naga karena memiliki warna merah cerah seperti darah. Kenapa batu ini berbahaya bagi kesehatan? Cinnabar dapat melepaskan merkuri murni yang membahayakan tubuh apabila terkena panas. Gangguan yang bisa terjadi pada tubuh yang disebabkan oleh merkuri murni adalah terjadinya tremor, hilangnya penginderaan dan kematian. Batuan biasanya terbentuk di sekitar gunung berapi dan merupakan endapan belerang.

Untuk Para Kolektor Batu Akik, Waspadai 10 Batu Indah Beracun Ini

Meskipun pengetahuan modern telah menemukan bahaya pada penggunaan bebatuan ini namun Cinnabar pernah digunakan sebagai makanan ikan hias dalam sejarah bangsa China.  Batu ini juga digunakan untuk membuat karya seni ukir batu meskipun kadang mengorbankan para perajinnya. Batu ini juga pernah dipercaya memiliki kemampuan untuk menyembuhkan penyakit tertentu.

5. Coloradoite
Coloradoite, juga dikenal sebagai merkuri telluride (HgTe), adalah bijih telluride langka terkait dengan deposit logam (terutama emas dan perak). Emas biasanya terbentuk  dalam tellurides (misalnya Coloradoite) sebagai finess asli-logam tinggi. Batuan ini pertama kali ditemukan di Colorado pada tahun 1877, deposito lain yang mengandung coloradoite telah ditemukan sejak saat itu. Meskipun memainkan peran penting dalam geologi mineral, juga dapat digunakan untuk tujuan lain.

Untuk Para Kolektor Batu Akik, Waspadai 10 Batu Indah Beracun Ini

Jika Anda adalah penggemar batu dan berencena untuk mengkoleksi jenis batu ini, Anda harus memikirkannya kembali karena Coloradoite termasuk salah satu batu yang dapat membahayakan tubuh Anda. Batu ini sangat berbahaya dan dapat mengeluarkan racun jika Anda salah menganinya. Jika mengalami proses pemanasan Coloradoite akan mengeluarkan uap dan debu berbahaya

6. Asbestos
Asbestos biasanya ditemukan dalam struktur batu silica, partikel asbestos menyerupai benang serat dan kadang ditemukan berupa gumpalan serat yang membentuk batuan tetapi tidak dapat diuraikan oleh proses pelapukan alamiah. Partikel asbestos yang sangat halus dapat dengan mudah diterbangkan oleh angin. Secara kimia asbes adalah suatu zat terdiri dari magnesium-calsium-silikat berbangun serat dengan sifat fisik yang sangat kuat. Asbestos dapat meracuni tubuh manusia dengan cara merusak paru-paru. Zat berupa Kristal ini dapat bercampur dengan udara , mengendap di dalam paru-paru dan kemudian mengiritasi jaringan paru-paru dan menyebabkan kerusakan  jaringan paru-paru

Untuk Para Kolektor Batu Akik, Waspadai 10 Batu Indah Beracun Ini

7. Orpiment
Batu Orpiment memiliki warna oranye-kuning menarik, mengandung  mineral  sulfida  dengan rumus kimia As2S3.Batuan ini banyak ditemukan dalam  fumarol vulkanik dengan suhu rendah hidrotermal, meskipun demikian batuan ini juga ditemukan pada air panas dan  terbentuk  melalui proses  sublimasi. Batu orpiment merupakan produk sampingan dari peluruhan mineral arsenik  realgar.

Orpiment banyak diperjual belikan pada masa Kekaisaran Romawi dan juga  digunakan sebagai obat dalam sejarah  Cina meskipun sangat beracun. Orpiment juga  digunakan sebagai racun lalat dan ujung  panah sebagai racun. Karena warnanya yang indah dan mencolok, batu ini banyak digunakan sebagai perhiasan.
Orpiment juga digunakan dalam produksi inframerah-transmisi kaca, kain minyak, linoleum, semikonduktor, photoconductors, pigmen, dan kembang api. Dicampur dengan dua bagian dari kapur mati, orpiment masih umum digunakan di pedesaan India sebagai obat menghilangkan rambut a. Hal ini digunakan dalam industri penyamakan untuk menghilangkan rambut dari kulit.

kandungan arsenik dan sulfur yang ada di dalam kristal ini sangat berbahaya. Jika kristal ini dibelah, bubuk serpihannya bisa menjadi sangat beracun jika terkena matahari. Selain itu, bubuk Orpiment pernah dipakai sebagai campuran bahan cat lukis dan mengakibatkan banyak seniman lukis teracuni olehnya.

8.Arsenopyrite
Arsenopirit adalah merupakan arsenik besi sulfida dengan rumus kimia FeAsS. Arsenopurite memiliki warna  logam, buram, abu-abu baja kadang berwarna  perak dengan berat jenis yang relatif tinggi yaitu 6.1.  Ketika Arsenopyrite dilarutkan dalam asam nitrat, ia akan melepaskan unsur sulfur dan ketika arsenopirit dipanaskan akan menjadi magnet dan mengeluarkan asap beracun. Arsenopyrite mempunyai  46% kadar arsen, arsenopirit, dan  orpiment, adalah bijih utama arsenik. Ketika deposito arsenopirit menjadi terkena atmosfer, biasanya karena pertambangan, mineral akan perlahan mengoksidasi, mengubah arsenik ke dalam oksida yang mudah larut dalam air, menyebabkan air menjadi asam.

Untuk Para Kolektor Batu Akik, Waspadai 10 Batu Indah Beracun Ini

 Ciri-ciri fisik Arsenopyrite adalah berbentuk Kristal  dan mempunyai  bau seperti bawang putih bila dipukul  dengan benda keras.
Arsenopirit juga dapat dihubungkan  dengan deposit emas disuatu tempat. Oleh karena itu arsenopyrite juga dapat berfungsi sebagai indicator terdapatnya  emas disuatu tempat. Banyak bijih emas arsenopirit yang tahan api, yaitu emas tidak mudah dibebaskan dari matriks mineral.
Arsenik yang terdapat didalam Arsenopyrite sangat berbahaya jika masuk ke dalam tubuh manusia.

 9. Stibnite,
Stibnite, kadang juga  disebut juga sebagai antimonite, adalah mineral sulfida dengan rumus Sb2S3. Berwarna abu-abu lembut ini dapat mengkristal dalam ruang ortorombik. Mineral ini adalah sumber utama   bagi antimon metalloid. Stibnit memiliki struktur mirip dengan trisulfide arsenic dengan rumus kimia As2S3, nerbentuk piramidal dan tiga koordinat. Warna Stibnite adalah abu-abu, namun dapat berubah menjadi  hitam ketika mengalami oksidasi oleh udara.

Untuk Para Kolektor Batu Akik, Waspadai 10 Batu Indah Beracun Ini

Pasta bubuk Stibnite yang dibuat dengan menggunakan  lemak atau bahan lainnya telah digunakan sejak 3000 SM sebagai kosmetik mata di Timur Tengah sebagai eyeshadow, yang digunakan untuk menggelapkan alis dan bulu mata, atau untuk menarik garis di sekeliling mata. Ciri khas Kristal ini berwarna seperti perak. Memiliki kandungan zat-zat yang tak stabil di dalamnya yang menyebabkan kristal ini berbahaya dan dapat menyebabkan keracunan bila digunakan secara sembarangan.

10.Torbernite,
Sebagai mineral radioaktif, batu ini harus ditangani secara tepat karena dapat membahayakan keselamatan pemiliknya. Warna yang kaya hijau dan kristal yang khas membuat batu Torbernite banyak diburu para kolektor. Untuk mengkoleksi batu ini harus dipersiapkan tempat yang cukup aman agar radiasi yang terpancar dari batu Torbernite ini. Batu ini mengandung uranium yang dapat mengeluarkan gas berbahaya pada saat uranium mengalami pembusukan.

Untuk Para Kolektor Batu Akik, Waspadai 10 Batu Indah Beracun Ini

Kolektor harus melakukan pencegahan terhadap segala sesuatu yang bisa saja terjadi dari batuan ini. Gas radioaktif yang terdapat didalamnya dapat menyebabkan kanker paru-paru pada siapapun yang menghirupnya. Jangan menyimpan batu ini ditempat yang banyak digunakan untuk melakukan aktifitas yang lama seperti misalnya kamar tidur, ruang tamu dan tempat kerja.

Demikian beberapa informasi tentang batu-batu indah yang dapat membahayakan kesehatan Anda. Akan lebih bijak jika Anda tidak mengkoleksinya, disamping Anda orang-orang disekitar Anda juga mempunyai potensi untuk terkeda dampak dari bebatuan ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s