Eragon

Eragon Novel

Eragon adalah novel karangan Christopher Paolini, dan ini adalah buku pertama dari siklus Warisan. Cerita Eragon’ dilanjutkan oleh Eldest, dan Brisingr, dan rencananya buku keempat masih top project yang belum diberi judul akan menjadi penutup dari cerita siklus Warisan ini.

Ringkasan Suatu hari Eragon, anak seorang petani miskin berusia 15 tahun, menemukan “batu” berwarna biru yang indah. Ternyata batu itu telur naga! Ditemani Brom si pendongeng tua dan naga yang dinamainya Saphira, Eragon belajar berbagai hal mengenai sejarah dan naga. Brom juga mengajarkan ilmu sihir dan ilmu pedang karena ternyata Eragon adalah penerus klan penunggang naga. Klan ini punah karena ditumpas Raja Galbatorix yang kejam. Berbekal ilmu dari Brom, Eragon bertekad membangun kembali klan penunggang naga, meskipun itu berarti ia harus menghadapi berbagai makhluk ajaib seperti elf, kurcaci, urgal, ra’zac, dan Shade, yang memiliki ilmu lebih tinggi daripada dirinya.

Karakter Eragon: Karakter Utama. Eragon adalah anak berumur 15 tahun yang cerdas. Namanya sama dengan nama penunggang naga pertama. Sloan: Tukang daging Carvahall yang membenci keluarga Eragorn. Dia juga membenci pegunungan Spine karena istrinya meninggal di sana. Dia adalah ayah Katrina. Katrina: Anak Sloan dan Kekasih Roran. Horst: Horst adalah ayah dari Baldor dan Alberich, dan figur ayah bagi Eragon dan Roran ketika Garrow meninggal. Dia adalah seorang Pandai besi. Roran: Sepupu Eragorn and anak Garrow. Dia adalah Kekasih Katrina. Garrow: Petani Carvahall, Paman Eragon, dan ayah Roran. Saphira: Naga dan sahabat terbaik Eragorn. Dia adalah naga bebas pertama sejak Galbatorix berkuasa. Brom: Tukang cerita Carvahall. Dia menemani Eragon dalam Perjalanan Eragon. Dia mengetahui hampir semua hal mengenai naga dan penunggang-nya. Tepat sebelum kematiannya oleh pisau yang dilemparkan oleh Ra’zac, dia mengakui bahwa dia dulu adalah seorang penunggang. Dia membunuh Morzan untuk mendapatkan telur Saphira. Angela: Penyihir yang mendukung kaum Varden; Dia memberitahu Eragon tentang masa depan eragon. Jeod: Pedagang Teirm, Jeod adalah teman lama Brom, dan juga anggota kaum Varden. Solembum:kucing siluman yang biasanya ada di dekat Angela Murtagh: Anak Morzan, Kaum Terkutuk, Dia menjadi teman baik Eragon dan melakukan perjalanan dengan Eragon untuk mencari markas kaum Varden. Arya Dröttningu: Penjaga telur Saphira. Dia diselamatkan oleh Eragon dari raja Galbatorix dan Durza. Eragon jatuh hati kepadanya. Dia juga anak ratu Elf bernama Islanzadi. Durza: Shade yang mengontrol armada Urgal sebelum dibunuh Eragon. Dia meninggalkan bekas luka pada tubuh Eragorn. Orik: Kurcaci dan keponakan raja Hrothgar. Dia menjadi teman Eragon setelah menyelamatkan hidupnya (Eragorn), dan menjadi pemandu Eragorn dalam mengelilingi Tronjheim dan Farthen Dûr. Si kembar: Penyihir kembar dengan kemampuan sihir yang cukup kuat. Ajihad: Master pedang dan orang yang brilliant dalam mengatur taktik. Ajihad adalah pemimpin kaum Varden dan Musuh Galbatorix. Hrothgar: Raja kaum kurcaci, teman Eragon. Nasuada: Anak Ajihad. Dia sangat setia kepada ayahnya. Galbatorix: Dia Raja Alagaësia yang kejam. Mantan Penunggang yang memberontak dan membantai hampir seluruh klan penunngang kecuali Brom dan Oromis.

Eldest Eldest adalah buku kedua dari trilogi Warisan yang ditulis oleh Christopher Paolini. Jalan cerita utama buku ini menceritakan kelanjutan perjalanan dari Eragon dalam usahanya untuk menjadi seorang Penunggang Naga dan mengalahkan Galbatorix.

Ringkasan Buku ini diawali dengan cerita kematian Ajihad, hilangnya Si Kembar dan Murtagh, serta diawalinya masa kepemimpinan Nasuada sebagai pemimpin baru Varden. Eragon bersumpah setia dengan Nasuada, setelah itu ia memutuskan untuk pergi bertemu dengan kaum Elf untuk melanjutkan pelatihannya. Sementara itu, Roran dikejar oleh agen-agen kerajaan kiriman Galbatorix yang ingin menangkapnya untuk dijadikan umpan bagi Eragon. Setelah beberapa kali bertempur, Roran dan penduduk desa Carvahall berhasil memukul mundur agen-agen tersebut, akan tetapi Katrina, tunangan Roran, diculik oleh Raz’ac. Untuk menghindari balasan dari kerajaan, Roran membawa penduduk desanya untuk melarikan diri ke Surda.

Sesampainya di Ellesméra, ibukota kaum Elf, Eragon dan Saphira bertemu dengan ratu Islanzadi, yang merupakan ibunda dari Arya. Selain itu, mereka juga bertemu dengan Oromis dan naganya, Glaedr. Oromis dan Glaedr kemudian mengajarkan pada Eragon dan Saphira tentang kaum Penunggang. Dalam pelatihannya Eragon seringkali terhambat luka yang ia dapat dari Durza. Luka itu dihilangkan oleh roh-roh Naga saat Eragon mengikuti upacara Agaetí Blödhren. Selain itu ketangkasan, kekuatan dan penampilan layaknya seorang Elf juga didapatkan oleh Eragon.

Setelah disembuhkan, Eragon mendapatkan kabar bahwa Nasuada sedang memindahkan kaum Varden ke negara Surda, sementara Galbatorix mengerahkan pasukannya menyerang Surda. Mendengar kabar ini, ia langsung berangkat menuju Surda untuk membantu kaum Varden. Di saat yang bersamaan, Roran bertemu dengan Jeod Longshanks di Teirm.

Jeod yang merupakan anggota kaum Varden memberitahukan kepada Roran mengenai Brom dan Eragon, dan bersama-sama para penduduk desa Carvahall mereka berangkat ke Surda. Eragon tiba di Surda tepat menjelang pertempuran dimulai. Dalam pertempuran, kaum Varden dan Surda mendapatkan bantuan dari para Dwarf dan Roran yang datang di akhir pertempuran. Di tengah-tengah pertempuran datang seorang Penunggang Naga dari pihak kerajaan. Raja kaum Dwarf, Hrothgar dibunuh oleh Penunggang Naga tersebut, si Kembar yang ternyata adalah anak buah Galbatorix juga muncul dan satu persatu membunuh penyihir-penyihir dari pihak Varden. Eragon berhadapan dengan Penunggang Naga baru dan berhasil mengetahui bahwa musuhnya adalah Murtagh yang telah dipaksa bergabung dengan Galbatorix. Galbatorix telah mengetahui nama asli Murtagh dan Thorn, naga yang ditunggangi Murtagh, sehingga ia dapat mengendalikan mereka dengan sesuka hati. Eragon dikalahkan Murtagh, tapi Murtagh tidak membunuhnya. Sebelum ia pergi, Murtagh membeberkan bahwa Eragon adalah anak bungsu dari Morzan dan Selena, dan Murtagh adalah kakak dari Eragon. Selain itu ia juga memberitahukan rencana Galbatorix untuk mengembangkan ras Naga dengan mengawinkan Saphira dengan naga dari telur ketiga milik Galbatorix.

Pertempuran akhirnya dimenangkan oleh kaum Varden, terutama berkat pertolongan kaum Dwarf dan kematian si Kembar di tangan Roran. Eragon akhirnya bertemu kembali dengan Roran, dan ia setuju untuk membantu Roran menyelamatkan Katrina dari tangan para Raz’ac yang ada di Helgrind.

Karakter Ajihad Pemimpin kaum Varden yang juga merupakan ayah dari Nasuada. Gugur dalam pertempuran melawan pasukan Urgal di awal buku. Angela Seorang penyihir wanita yang membantu Eragon dalam perjalanannya. Arya Wanita Elf yang membuat Eragon jatuh hati. Ia adalah anak dari ratu kaum Elf, Islanzadi dan juga pernah menjadi penjaga telur Saphira. Blagden Burung Gagak yang pernah menyelamatkan nyawa Raja Evandar. Saat ini Blagden tinggal bersama Ratu Islanzadi. Elva Seorang anak gadis yatim-piatu yang tinggal bersama kaum Varden. Eragon secara tidak sengaja mengutuknya pada saat ingin memberkatinya. Eragon Karakter utama dalam siklus Warisan. Dalam buku ini dia melakukan perjalanan menuju Ellesméra untuk melanjutkan latihannya sebagai seorang Penunggang Naga yang baru. Bersama Saphira dia berlatih dengan Oromis dan Glaedr. Luka yang didapatkannya dalam buku Eragon disembuhkan pada saat pelaksanaan Agaetí Blödhren, selain itu sosok Eragon juga diubah menjadi lebih mirip Elf. Galbatorix Raja Alagaësia yang kejam dan merupakan pembantai kaum Penunggang Naga. Glaedr Naga emas yang terikat dengan Oromis, ia melatih Saphira di Ellesméra. Islanzadi Ratu kaum Elf dan ibunda dari Arya Morzan Kaum terkutuk yang pertama dan terakhir, dia adalah ayah dari Eragon dan Murtagh. Terbunuh oleh Brom saat memperebutkan telur Saphira. Pemilik pertama pedang Zar’roc. Murtagh Anak pertama dari Morzan, menjadi teman baik Eragon. Ia tertangkap pasukan Urgal, kemudian dibawa ke hadapan Galbatorix dimana ia dipaksa menjadi Penunggang bagi naga baru, Thorn dan dipaksa menjadi pengikut Galbatorix dengan kekuatan sihir. Nasuada Anak gadis dari Ajihad, dipilih menjadi pemimpin Varden yang baru. Eragon adalah orang kepercayaannya. Oromis Salah satu dari kaum Penunggang yang tersisa. Ia melatih Eragon di Ellesméra. Ia menderita penyakit dan hidupnya sudah tidak lama, akibatnya ia tidak dapat melakukan sihir dengan kekuatan besar. Roran Sepupu dari Eragon. Saat desanya diserang dan tunangannya, Katrina, diculik Raz’ac, ia membawa para penduduk desanya melarikan diri ke Surda. Bersama Eragon dia bersumpah akan menyelamatkan Katrina sekaligus membalaskan dendam ayahnya, Garrow, yang dibunuh oleh Raz’ac. Saphira Naga Eragon yang cerdik dan setia. Solembum kucing jadi-jadian yang bersama Angela membantu Eragon Thorn Naga merah yang ditunggangi oleh Murtagh. Naga kedua yang menetas dari tiga telur naga yang dimiliki Galbatorix (yang pertama adalah Saphira). Si Kembar Sepasang penyihir kembar yang bekerja untuk Varden. Pada akhirnya terungkap bahwa mereka bekerja untuk Galbatorix. Keduanya tewas di tangan Roran. Vanir Seorang Elf yang tidak menyukai Eragon. Setelah Agaetí Blödhren ia menjadi hormat terhadap Eragon.

Brisingr Brisingr adalah buku ketiga dari trilogi Warisan yang ditulis oleh Christopher Paolini.

Ringkasan Pada buku ini Eragon menepati ketujuh janjinya. Eragon bersama Roran pergi mencari Katrina yang ditawan oleh para Ra’zac lalu menikahkan Roran dan Katrina. Menghapuskan kutukan pada elva yang tidak sepenuhnya berhasil. Memperbaiki Ishdar Mitrim di Farthen dur saat penobatan Orik menjadi raja kurcaci ke 44. Balik ke Elesmera untuk bertemu dengan oromis kembali. Oromis memberitahukan bahwa ayah Eragon bukanlah Morzan, melainkan brom. Setelah Zar’oc diambil oleh saudara tiri Eragon oleh karena itu saat ia kembali ia mencoba untuk bertemu Rhunon si pandai besi elf. Eragon tidak mempunyai pedang yang layak untuk seorang penunggang. Maka ia teringat nasihat Solembum (kucing jadi-jadian) bahwa ketika ia membutuhkan senjata ia dapat mencarinya dibawah akar pohon Menoa. Setelah mendapatan brightsteel tersebut, Rhunon-elda membantunya membuat pedang penunggang tersebut dan diberi nama BRISINGR. Pedang ini menyala setiap Eragon menyebut namanya. Hari terakhir Glaedr memberitahukan kelemahan Golbatorix dan rahasia tentang eldunari. Eldunari milik Glaedr diserahkan kepada Saphira. Oromis pun memutuskan untuk memperlihatkan diri di depan Golbatorix.

oromis dan Glaedr melawan thorn dan Murtagh di Gil’ead, tiba-tiba Golbatorix menampakan diri melalui Murtagh dan membunuh oromis.Eragon yang saat itu bertarung bersama arya melawan Shade melihat pembunuhan itu dalam benaknya. Akhirnya Eragon dan Saphira menjadi penunggang terakhir dan sendirian yang harus melawan Golbatorik.

Karakter

Eragon Film Eragon adalah salah satu film fiksi kolosal yang dibuat pada tahun 2006 dan berbasis dari novel yang berjudul sama karya Christopher Paolini. Para pemain film ini antara lain adalah, Edward Speleers, Jeremy Irons, Sienna Guillory, Garrett Hedlund, dan Robert Carlyle.

Film ini disutradarai oleh Stevan Fangmeier. Syutingnya sendiri dilakukan di Hungaria. Kebanyakan pemain film ini uniknya berasal dari Inggris, dan hanya sedikit yang berasal dari Amerika Serikat, sehingga acara gala premierenya diadakan secara besar-besaran di London City Hall ketimbang di Los Angeles Hollywood.

Sinopsis Eragon adalah seorang putra petani miskin yang hidup di sebuah perkampungan bernama Carvahall disebuah dunia yang penuh dengan keajaiban dan sihir bernama Alagaësia.

Ketika berburu, Eragon menemukan sebuah telur naga, yang disangkanya adalah sebuah batu permata biasa. Telur tersebut dicuri oleh seorang putri cantik bernama Arya dari kediaman raja Galbatorix.

Tak lama setelah menemukan telur tersebut, menetaslah seekor anak naga. Dan ketika naga itu menetas, semua orang dalam kerajaan (termasuk Galbatorix) mengetahui hal tersebut. Galbatorix lalu memerintahkan Durza untuk mencari siapa pemuda yang memiliki naga tersebut dan bila bertemu harus dibunuh, apapun caranya.

Eragon lalu terlibat kejar-kejaran dengan pasukan Durza yang dinamai Ra’zac. Bersama Brom, ia mendapat banyak pengetahuan. Dalam mimpi, Arya meminta pertolongan Eragon untuk membebaskan dirinya. Walaupun sempat dicegah oleh Brom, yang juga ternyata adalah mantan pemilik naga. Eragon memberanikan diri datang ke markas Durza. Durza mengetahui hal tersebut, dan mencoba membunuh Eragon. Namun panah yang sudah ditembakkan Durza malah mengenai Brom. Eragon dapat meloloskan diri bersama Arya dengan dibantu seorang pemuda bernama Murtagh.

Brom yang terluka parah akibat panah, akhirnya meninggal keesokan harinya. Tak lama setelah itu, Arya yang diracun oleh Durza juga jatuh. Si pemuda yang menyelamatkan Eragon bersama Arya di markas Durza mengikuti Eragon, dan ditemukan oleh Saphira.

Lalu si pemuda tersebut memperkenalkan dirinya, ia adalah Murtagh, yang notabene adalah putra dari Galbatorix.

Eragon akhirnya dapat mengalahkan Durza dalam sebuah pertarungan hebat, dan diakhir film ini, Eragon memutuskan untuk mempelajari sihir untuk menyelamatkan kaum Alagaësia.

Pemain Berikut adalah para pemain dalam film Eragon selengkapnya:

Edward Speleers sebagai Eragon Jeremy Irons sebagai Brom Sienna Guillory sebagai Arya Robert Carlyle sebagai Durza John Malkovich sebagai Galbatorix Garrett Hedlund sebagai Murtagh Rachel Weisz sebagai pengisi suara Saphira Alun Armstrong sebagai Garrow Chris Egan sebagai Roran Djimon Hounsou sebagai Ajihad Joss Stone sebagai Angela Steven Spiers sebagai Sloan Gary Lewis sebagai Hrothgar

Sumber : Eragon

    

Gue memiliki DVDnya disini
This entry was posted in Books, Film and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s